GREAT WALL ACUPUNCTURE CLINIC & SCHOOL
TELEPHONE : +62 ( 0813.1111.5766 ) Whatsapp : +62 (087) 88.22.33.138
pic_ch1
Sejarah Singkat
Ramuan
Tiongkok  telah digunakan sejak ribuan tahun. Di antara literatur awal adalah daftar resep untuk penyakit tertentu, dicontohkan oleh naskah Resep untuk 52 Penyakit“, ditemukan di kuburan Mawangdui yang disegel di 168 SM.
Pertama herbalis diakui secara tradisional adalah Shennong (神农, secara harfiah berarti “Ilahi Farmer“), seorang tokoh dewa-seperti mitos, yang dikatakan telah hidup sekitar 2800 SM. Ia diduga mencicipi ratusan herbal dan disampaikan pengetahuan tentang obat dan tanaman beracun bagi petaninya.
Shennong ben Cǎo Jing (神农 本草 经, Shennong ini Materia Medica) dianggap sebagai buku tertua pada pengobatan herbal Tiongkok. Ini mengklasifikasikan 365 jenis akar, rumput, batang, daun, bunga, biji, dan bahan hewani.Jamu merupakan kategori penggobatan ‘superior’ di zaman itu, yang meliputi herbal yang efektif untuk beberapa penyakit dan sebagian besar bertanggung jawab 117250803_15b8ef7eb1_muntuk menjaga dan mengembalikan keseimbangan tubuh

Karya-karya penting lainnya kemudian adalah Kompendium Materia Medica (Bencao Gangmu: 本草綱目) dikumpulkan selama dinasti Ming Li Shizhen oleh, yang masih digunakan hari ini untuk konsultasi dan referensi.

Bahan Jamu

Ada sekitar 13.000 jamu yang digunakan di Tiongkok dan lebih dari 100.000 resep obat yang tercatat dalam literatur kuno.

Elemen tanaman dan ekstrak jauh elemen yang paling umum digunakan. Dalam Buku Pegangan klasik Obat Tradisional dari 1941, 517 obat dicatatkan - dari ini, hanya 45 yang bagian-bagian hewan, dan 30 adalah mineral, selebihnya ada tumbuhan ( Akar, Batang, Biji, Daun, Bunga, dll ).


Beberapa produsen obat-obatan herbal Tiongkok mendapatkan uji klinis FDA untuk memasarkan produk mereka sebagai obat di pasar AS dan Eropa.

Ekstrak herbal Tiongkok,telah diringkas menjadi bentuk butiran atau bubuk. Ekstrak herbal, mirip dengan obat paten, lebih mudah dan lebih nyaman bagi pasien untuk dikonsumsi


Metoda Klasifikasi Penggunaan Jamu Tiongkok
    
Empat Energi ( 四 气, di sebut ..Siqi)
Lima Rasa (五味; disebut wǔwèi)
Meridian (经络; disebut : Jingluo)
Fungsi spesifik.

Empat Energi adalah: panas (热), hangat (温), cool (凉), dingin (寒) atau netral (平), dalam hal suhu herbal hangat panas dan digunakan untuk mengobati penyakit dingin, sementara. herbal sejuk dan dingin digunakan untuk mengobati penyakit panas.

Lima Rasa Lima
 Tahapan, yang sesuai dengan Lima RasaLima Flavors, kadang-kadang juga diterjemahkan sebagai Lima Tastes, adalah:. Tajam / tajam (辛), manis (甘), pahit (苦), asam (酸), dan asin (咸) [21] Zat mungkin juga memiliki lebih dari . satu rasa, atau tidak (yaitu, hambar (淡) rasa)
Masing-masing dari lima rasa sesuai dengan salah satu organ Zang, yang pada gilirannya sesuai dengan salah satu dari Lima Tahapan rasa A menyiratkan tertentu sifat dan tindakan terapeutik zat: Rasa Asin saluran air bawah dan melembutkan massa keras”;
Rasa Manis adalah suplementasi, harmonisasi, dan melembabkan“;
Rasa Pedas untuk menginduksi keringat dan bertindak atas qi dan darah;
Rasa asam cenderung astringent (涩) di alam;
Rasa Pahit: menguras panas, membersihkan perut, dan menghilangkan kelembaban“.

p1Meridian
Klasifikasi ini merujuk bukan hanya untuk meridian, tetapi juga untuk Zang-organ meridian terkait, yang dapat diharapkan akan terutama dipengaruhi oleh obat yang diberikan ( 12 meridian ) Fungsi spesifikKategori ini terutama mencakup:- Eksterior
– Membersihkan Panas
Mengeringkan – Membersihkan Lembab
– Sirkulasi Cairan Tubuh / Melumasi Kering
– Penghangatan Organ Dalam
– Melancarkan Sirkulasi Qi ( Energi Tubuh )
- Melancarkan
akumulasi makanan
- Menghentikan Pendarahan
- Menggerakan darah yang stasis

– Mengeluarkan dahak, menghentikan batuk
- Menenangkan Shen
– Menenangkan Energi Liver, mengusir angin
- Tonifikasi – Jamu Penambah Qi-darah-, Unsur Yin Yang